Yehezkiel 1:1-28
Nabi melihat kemuliaan TUHAN
1:1 Pada tahun ketiga puluh
1 , dalam bulan yang keempat, pada tanggal lima bulan itu, ketika aku bersama-sama dengan para buangan
berada di tepi sungai Kebar,
terbukalah
langit dan aku melihat penglihatan-penglihatan
tentang Allah.
1:2 Pada tanggal lima bulan itu, yaitu tahun kelima sesudah raja Yoyakhin
dibuang,
1:3 datanglah firman TUHAN kepada imam Yehezkiel
2 ,
anak Busi, di negeri orang Kasdim di tepi sungai Kebar, dan di sana kekuasaan TUHAN meliputi dia.
1:4 Lalu aku melihat
3 , sungguh, angin badai
bertiup dari utara,
dan membawa segumpal awan yang besar dengan api yang berkilat-kilat dan awan itu dikelilingi oleh sinar; di dalam, di tengah-tengah api itu kelihatan seperti suasa
mengkilat.
1:5 Dan di tengah-tengah itu juga ada yang menyerupai empat makhluk hidup
4 dan beginilah kelihatannya mereka: mereka menyerupai manusia,
1:6 tetapi masing-masing mempunyai empat muka
dan pada masing-masing ada pula empat sayap.
1:7 Kaki mereka adalah lurus dan telapak kaki mereka seperti kuku anak lembu; kaki-kaki ini mengkilap seperti tembaga
yang baru digosok.
1:8 Pada keempat sisi mereka di bawah sayap-sayapnya tampak tangan manusia.
Mengenai muka dan sayap mereka berempat adalah begini:
1:9 mereka saling menyentuh dengan sayapnya; mereka tidak berbalik kalau berjalan,
masing-masing berjalan lurus ke depan.
1:10 Muka mereka kelihatan begini
5 : Keempatnya mempunyai muka manusia di depan, muka singa di sebelah kanan, muka lembu di sebelah kiri, dan muka rajawali
di belakang.
1:11 Sayap-sayap
mereka dikembangkan ke atas; mereka saling menyentuh dengan sepasang sayapnya dan sepasang sayap yang lain menutupi badan mereka.
1:12 Masing-masing berjalan lurus ke depan; ke arah mana roh
6 itu hendak pergi, ke sanalah mereka pergi, mereka tidak berbalik kalau berjalan.
1:13 Di tengah makhluk-makhluk hidup itu kelihatan seperti bara api
yang menyala
7 , seperti suluh, yang bergerak kian ke mari di antara makhluk-makhluk hidup itu, dan api itu bersinar sedang dari api itu kilat
sabung-menyabung.
1:14 Makhluk-makhluk hidup itu terbang ke sana ke mari seperti kilat.
1:15 Aku melihat, sungguh, di atas tanah di samping masing-masing dari keempat makhluk-makhluk
hidup itu ada sebuah roda.
1:16 Rupa roda-roda itu
8 seperti kilauan permata pirus
dan keempatnya adalah serupa; buatannya seolah-olah roda yang satu di tengah-tengah yang lain.
1:17 Kalau mereka berjalan mereka dapat menuju keempat jurusan; mereka tidak berbalik
kalau berjalan.
1:18 Mereka mempunyai lingkar dan aku melihat, bahwa sekeliling lingkar yang empat itu penuh dengan mata.
1:19 Kalau makhluk-makhluk hidup itu berjalan, roda-roda itu juga berjalan di samping mereka; dan kalau makhluk-makhluk hidup itu terangkat dari atas tanah, roda-roda itu turut terangkat.
1:20 Ke arah mana roh itu hendak pergi, ke sanalah mereka pergi,
dan roda-rodanya sama-sama terangkat dengan mereka, sebab roh makhluk-makhluk hidup itu berada di dalam roda-rodanya.
1:21 Kalau makhluk-makhluk hidup itu berjalan, roda-roda itu berjalan; kalau mereka berhenti, roda-roda itu berhenti; dan kalau mereka terangkat dari tanah, roda-roda itu sama-sama terangkat dengan mereka; sebab roh makhluk-makhluk hidup itu berada di dalam roda-rodanya.
1:22 Di atas kepala makhluk-makhluk hidup itu ada yang menyerupai cakrawala,
yang kelihatan seperti hablur es yang mendahsyatkan, terbentang di atas kepala mereka.
1:23 Dan di bawah cakrawala itu sayap mereka dikembangkan lurus, yang satu menyinggung yang lain; dan masing-masing mempunyai sepasang sayap yang menutupi badan mereka.
1:24 Kalau mereka berjalan, aku mendengar suara sayapnya seperti suara air terjun
yang menderu, seperti suara
Yang Mahakuasa, seperti keributan laskar
yang besar; kalau mereka berhenti, sayapnya dibiarkan terkulai.
1:25 Maka kedengaranlah suara dari atas cakrawala yang ada di atas kepala mereka; kalau mereka berhenti, sayapnya dibiarkan terkulai.
1:26 Di atas cakrawala yang ada di atas kepala mereka ada menyerupai takhta
yang kelihatannya seperti permata lazurit;
dan di atas yang menyerupai takhta itu ada yang kelihatan seperti rupa manusia
9 .
1:27 Dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke atas aku lihat seperti suasa mengkilat dan seperti api yang ditudungi sekelilingnya; dan dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke bawah aku lihat seperti api yang dikelilingi
sinar.
1:28 Seperti busur pelangi,
yang terlihat pada musim hujan di awan-awan, demikianlah kelihatan sinar yang mengelilinginya.
Begitulah kelihatan gambar kemuliaan
TUHAN
10 . Tatkala aku melihatnya aku sembah sujud,
lalu kudengar suara Dia yang berfirman.
Hakim-hakim 1:1-36
Keadaan orang Israel setelah Yosua mati
1:1 Sesudah Yosua mati
13 ,
orang Israel bertanya kepada TUHAN: "Siapakah dari pada kami yang harus lebih dahulu
maju menghadapi orang Kanaan
untuk berperang melawan mereka?"
1:2 Firman TUHAN: "Suku Yehudalah
yang harus maju; sesungguhnya telah Kuserahkan negeri itu ke dalam tangannya.
"
1:3 Lalu berkatalah Yehuda kepada Simeon, saudaranya itu: "Majulah bersama-sama dengan aku ke bagian yang telah diundikan kepadaku dan baiklah kita berperang melawan orang Kanaan, maka akupun akan maju bersama-sama dengan engkau ke bagian yang telah diundikan kepadamu." Lalu Simeon
maju bersama-sama dengan dia.
1:4 Maka majulah suku Yehuda, lalu TUHAN menyerahkan orang Kanaan dan orang Feris
ke dalam tangan mereka, dan mereka memukul kalah orang-orang itu dekat Bezek,
sepuluh ribu orang banyaknya.
1:5 Di Bezek mereka menjumpai Adoni-Bezek
dan berperang melawan dia, dan mereka memukul kalah orang Kanaan dan orang Feris.
1:6 Tetapi Adoni-Bezek melarikan diri, lalu mereka mengejarnya, menangkapnya dan memotong ibu jari
12 dari tangannya dan dari kakinya.
1:7 Kata Adoni-Bezek: "Ada tujuh puluh raja dengan terpotong ibu jari tangan dan kakinya memungut sisa-sisa makanan di bawah mejaku; sesuai dengan yang kulakukan itu, demikianlah dibalaskan
Allah kepadaku." Kemudian ia dibawa ke Yerusalem
dan mati di sana.
1:8 Sesudah itu bani Yehuda berperang melawan Yerusalem,
merebutnya lalu memukulnya dengan mata pedang dan memusnahkan kota itu dengan api.
1:9 Kemudian bani Yehuda maju berperang melawan orang Kanaan, yang diam di pegunungan,
di Tanah Negeb
dan di Daerah Bukit.
1:10 Lalu suku Yehuda bergerak menyerang orang Kanaan yang diam di Hebron
--nama Hebron dahulu adalah Kiryat-Arba
--dan memukul kalah Sesai, Ahiman dan Talmai.
1:11 Dari sana mereka bergerak menyerang penduduk Debir.
Nama Debir dahulu adalah Kiryat-Sefer.
1:12 Berkatalah Kaleb: "Siapa yang mengalahkan dan merebut Kiryat-Sefer, kepadanya akan kuberikan Akhsa, anakku, menjadi isterinya."
1:13 Dan Otniel, anak Kenas adik Kaleb, merebut kota itu; lalu Kaleb memberikan Akhsa, anaknya, kepadanya menjadi isterinya.
1:14 Ketika perempuan itu tiba, dibujuknya suaminya untuk meminta sebidang ladang kepada ayahnya. Maka turunlah perempuan itu dari keledainya, lalu berkatalah Kaleb kepadanya: "Ada apa?"
1:15 Jawabnya kepadanya: "Berikanlah kepadaku suatu hadiah; telah kauberikan kepadaku tanah yang gersang, berikanlah juga kepadaku mata air." Lalu Kaleb memberikan kepadanya mata air yang di hulu dan mata air yang di hilir.
1:16 Keturunan Hobab, ipar
Musa, orang Keni
itu, maju bersama-sama dengan bani Yehuda dari kota pohon korma
ke padang gurun Yehuda di Tanah Negeb dekat Arad;
lalu mereka menetap di antara penduduk di sana.
1:17 Yehuda maju bersama-sama dengan Simeon,
saudaranya itu, lalu mereka memukul kalah orang Kanaan, penduduk Zefat; mereka menumpas kota itu. Sebab itu kota itu dinamai Horma.
1:18 Selanjutnya suku Yehuda merebut Gaza
dengan daerahnya, Askelon
dengan daerahnya dan Ekron dengan daerahnya.
1:19 Dan TUHAN menyertai
suku Yehuda, sehingga mereka menduduki pegunungan
itu; tetapi mereka tidak dapat menghalau penduduk yang di lembah, sebab orang-orang ini mempunyai kereta-kereta besi.
1:20 Kepada Kaleb telah diberikan Hebron,
seperti yang dikatakan Musa dahulu, dan dari sana telah dihalaukannya anak Enak
yang tiga itu.
1:21 Tetapi orang Yebus, penduduk kota Yerusalem,
tidak dihalau
oleh bani Benyamin, jadi orang Yebus itu masih diam bersama-sama dengan bani Benyamin di Yerusalem sampai sekarang.
1:22 Keturunan Yusuf
juga maju menyerang Betel,
dan TUHAN menyertai mereka.
1:23 Keturunan Yusuf menyuruh orang mengintai Betel itu--nama kota itu dahulu adalah Lus.
1:24 Ketika pengintai-pengintai itu melihat seorang keluar dari kota itu, maka berkatalah mereka kepadanya: "Tolong tunjukkan bagaimana kami dapat memasuki kota ini, maka kami akan memperlakukan engkau sebagai sahabat.
"
1:25 Lalu ditunjukkannyalah kepada mereka bagaimana mereka dapat memasuki kota itu, dan mereka memukul kota itu dengan mata pedang, tetapi orang itu dengan seluruh kaumnya dibiarkan
mereka pergi.
1:26 Orang itu pergi ke negeri orang Het
dan mendirikan di sana sebuah kota yang dinamainya Lus.
Demikianlah nama kota itu sampai sekarang.
1:27 Suku Manasye tidak menghalau
penduduk Bet-Sean dan penduduk segala anak kotanya, penduduk Taanakh dengan segala anak kotanya, penduduk Dor
dengan segala anak kotanya, penduduk Yibleam
dengan segala anak kotanya, dan penduduk Megido
dengan segala anak kotanya, sebab orang Kanaan
itu berkeras untuk tetap diam di negeri itu.
1:28 Setelah orang Israel menjadi kuat, mereka membuat orang Kanaan itu menjadi orang rodi dan tidak menghalau mereka sama sekali
13 .
1:29 Suku Efraimpun
tidak menghalau orang Kanaan yang diam di Gezer,
sehingga orang Kanaan itu tetap diam di tengah-tengah mereka
di Gezer.
1:30 Suku Zebulon tidak menghalau penduduk Kitron dan penduduk Nahalol, sehingga orang Kanaan itu tetap diam di tengah-tengah mereka, walaupun sebagai orang rodi.
1:31 Suku Asyer
tidak menghalau penduduk Ako, penduduk Sidon
serta Ahlab, Akhzib,
Helba, Afek
dan Rehob,
1:32 sehingga orang Asyer itu diam di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk asli di negeri itu, sebab orang-orang itu tidak dihalaunya.
1:33 Suku Naftali tidak menghalau penduduk Bet-Semes
dan penduduk Bet-Anat,
sehingga mereka diam di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk asli di negeri itu; tetapi penduduk Bet-Semes dan Bet-Anat itu menjadi orang rodi bagi mereka.
1:34 Orang Amori
mendesak bani Dan
ke sebelah pegunungan dan tidak membiarkan mereka turun ke lembah,
1:35 dan orang Amori itu berkeras untuk tetap diam di Har-Heres,
di Ayalon
dan di Saalbim,
walaupun mereka mendapat tekanan berat dari keturunan Yusuf, sebab mereka menjadi orang rodi.
1:36 Daerah orang Amori itu mulai dari pendakian
Akrabim, dari Sela,
terus ke atas.
1 Yohanes 2:1-29
Kristus pengantara kita
2:1 Anak-anakku,
hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa
14 , namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara
pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
2:2 Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa
15 kita,
dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.
2:3 Dan inilah tandanya,
bahwa kita mengenal Allah,
yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya.
2:4 Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia,
tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya
16 , ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya
tidak ada kebenaran.
2:5 Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya,
di dalam orang itu
sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui,
bahwa kita ada di dalam Dia.
2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.
Perintah yang baru
2:7 Saudara-saudara
yang kekasih, bukan perintah baru yang kutuliskan kepada kamu, melainkan perintah lama yang telah ada padamu dari mulanya.
Perintah lama itu ialah firman yang telah kamu dengar.
2:8 Namun perintah baru
juga yang kutuliskan kepada kamu, telah ternyata benar di dalam Dia dan di dalam kamu; sebab kegelapan sedang lenyap
dan terang
yang benar telah bercahaya.
2:9 Barangsiapa berkata, bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudaranya,
ia berada di dalam kegelapan
sampai sekarang.
2:10 Barangsiapa mengasihi saudaranya
17 , ia tetap berada di dalam terang,
dan di dalam dia tidak ada penyesatan.
2:11 Tetapi barangsiapa membenci saudaranya,
ia berada di dalam kegelapan
dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.
2:12 Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak,
sebab dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya.
2:13 Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu telah mengenal Dia, yang ada dari mulanya.
Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu telah mengalahkan
yang jahat.
2:14 Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak,
karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya.
Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat
dan firman Allah
diam di dalam kamu
dan kamu telah mengalahkan yang jahat.
2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia
18 dan apa yang ada di dalamnya.
Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.
2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging
dan keinginan mata
serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
2:17 Dan dunia ini sedang lenyap
dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah
tetap hidup selama-lamanya.
Antikristus
2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir,
dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang,
sekarang telah bangkit
banyak antikristus
19 . Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
2:19 Memang mereka berasal dari antara kita
20 ,
tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.
2:20 Tetapi kamu telah beroleh pengurapan
21 dari Yang Kudus,
dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.
2:21 Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya
dan karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.
2:22 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.
2:23 Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa.
Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.
2:24 Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya
22 ,
itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.
2:25 Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.
2:26 Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan
kamu.
2:27 Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan
yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu
23 tentang segala sesuatu
--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.
Anak-anak Allah
2:28 Maka sekarang, anak-anakku,
tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan
diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya
dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya.
2:29 Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar,
kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya.
1 Full Life: TAHUN KETIGA PULUH.
Nas : Yeh 1:1
Sebutan ini kemungkinan besar mengacu kepada usia Yehezkiel. Pada
saat itu ia hidup di tengah-tengah para buangan di Babel, setelah dibawa ke
sana pada tahun 597 SM, sembilan tahun setelah Daniel tiba dan sebelas
tahun sebelum Yerusalem dibinasakan. Yehezkiel dipanggil untuk menjadi nabi
sementara pembuangan, memberitahukan amanat Allah kepada para buangan pada
saat yang sama dengan pemberitaan Yeremia di Yerusalem. Yehezkiel melayani
sekurangnya dua puluh tujuh tahun; Yehuda tertawan di Babel kurang lebih 70
tahun (dari 605-538 SM).
2 Full Life: DATANGLAH FIRMAN TUHAN KEPADA IMAM YEHEZKIEL.
Nas : Yeh 1:3
Imam Yehezkiel menerima panggilan untuk menjadi nabi pada tahun 593
SM, 4 tahun setelah dia tiba di Babel. Rupanya dia tinggal dekat Sungai
Kebar, mungkin di sebuah saluran pelayaran kapal di Sungai Efrat sekitar 80
kilometer sebelah tenggara Babel. Tugasnya ialah menjelaskan alasan
terjadinya penawanan, menubuatkan kejatuhan Yerusalem, membawa umat yang
terbuang itu kembali kepada Allah dan memberikan mereka harapan melalui
janji Allah tentang pemulihan.
3 Full Life: AKU MELIHAT.
Nas : Yeh 1:4
Yehezkiel diberikan suatu penglihatan tentang kemuliaan dan
kekudusan Allah
(lihat cat. --> Yeh 1:28).
[atau ref. Yeh 1:28]
Penglihatan adalah penting untuk pelayanan Yehezkiel kepada para buangan.
4 Full Life: EMPAT MAKHLUK HIDUP.
Nas : Yeh 1:5
Makhluk-makhluk ini kemudian diidentifikasikan sebagai kerub
(Yeh 10:20). Kerub merupakan malaikat yang memanifestasikan kekudusan
dan kemuliaan Allah kepada umat manusia (bd. 1Taw 28:18; Mazm 18:11;
lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).
Mereka dapat mendampingi Allah pada saat-saat penghukuman atau pemberkatan;
mereka menjaga Taman Eden setelah kejatuhan manusia (Kej 3:22-24), dan
kerub terdapat pada tutup pendamaian dari tabut perjanjian
(Kel 25:18-22). Dalam penglihatan Yehezkiel para kerub sedang
menyatakan kemuliaan dan kekudusan Allah kepada para buangan.
5 Full Life: MUKA MEREKA KELIHATAN BEGINI.
Nas : Yeh 1:10
Wajah seorang laki-laki, seekor singa, seekor lembu, dan seekor
rajawali mewakili ciptaan Allah yang hidup (bd. Wahy 4:7). Di langit
baru dan bumi baru seluruh ciptaan Allah, setelah tertebus sepenuhnya dari
kutukan dosa, akan menunjukkan kemuliaan-Nya.
6 Full Life: ROH.
Nas : Yeh 1:12
Para kerub berjalan menurut pimpinan "roh" yang mungkin sekali
mengacu kepada Roh Allah (bd. ayat Yeh 1:20).
7 Full Life: BARA API YANG MENYALA.
Nas : Yeh 1:13
Bara-bara ini menunjuk kepada kekudusan Allah (bd. Kel 3:1-5)
dan kepada hukuman-Nya atas dosa (bd. Wahy 20:14-15). Bara yang bergerak
kian kemari melambangkan energi dan kekuasaan Roh, yang senantiasa aktif
dan tidak pernah istirahat.
8 Full Life: RUPA RODA-RODA ITU.
Nas : Yeh 1:16-25
Yehezkiel melihat sebuah kereta-takhta adikodrati yang bergerak
terus. Allah digambarkan di atas takhta yang bergerak terus yang pergi ke
mana Roh memerintah; gambaran ini melambangkan kedaulatan Allah atas segala
sesuatu dan kehadiran-Nya di seluruh bagian ciptaan-Nya. Ia hadir bersama
dengan para buangan di tepi Sungai Kebar.
9 Full Life: KELIHATAN SEPERTI RUPA MANUSIA.
Nas : Yeh 1:26
Yehezkiel melihat Allah duduk di atas takhta dalam rupa seperti
manusia; penglihatan ini menunjukkan fakta bahwa bila Allah berkenan
menyatakan diri-Nya secara penuh, maka itu dilakukan-Nya dalam bentuk
manusia -- melalui Yesus Kristus (bd. Fili 2:5-7; Kol 2:9).
10 Full Life: KEMULIAAN TUHAN.
Nas : Yeh 1:28
Ayat ini memberi makna dari seluruh penglihatan: suatu penglihatan
tentang kemuliaan Allah
(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).
- 1) Allah menyatakan kemuliaan dan kuasa-Nya kepada Yehezkiel untuk
mempersiapkan dia bagi pekerjaan sesuai dengan panggilanya. Allah akan
terus menampakkan diri kepada Yehezkiel sepanjang hidupnya untuk
menopang sang nabi di dalam pelayanannya itu (Yeh 3:12,23-24; 8:2-4;
Yeh 9:3; 10:1-22; 11:22-23; 43:2-4).
- 2) Penampakan kemuliaan Allah kepada Yehezkiel menunjukkan bahwa
kemuliaan itu telah meninggalkan Bait Suci di Yerusalem (bd.
1Raj 8:11; Mazm 26:8; 63:3) dan kini dinyatakan kepada para buangan.
Yehezkiel kemudian bernubuat bahwa kemuliaan Allah akan kembali ke
Kanaan dan Yerusalem (lih. Yeh 43:2-3,7).
- 3) Sebagaimana halnya Yehezkiel memerlukan penglihatan tentang
kemuliaan Allah untuk mempersiapkan dirinya untuk melayani Tuhan,
demikian pula kita harus mengalami kuasa kemuliaan dan kekudusan Allah
(bd. pasal Yes 6:1-13) sebelum secara aktif terlibat di dalam
pekerjaan-Nya. Kita menerima pemahaman tentang Allah di dalam segenap
kemuliaan-Nya melalui Yesus Kristus (bd. Yoh 1:14), Roh Kudus
(1Pet 4:14) dan Firman Allah (2Kor 3:7-11;
lihat cat. --> Kis 1:8).
[atau ref. Kis 1:8]
11 Full Life: SESUDAH YOSUA MATI.
Nas : Hak 1:1
Peristiwa-peristiwa yang tercatat di kitab ini mencakup waktu di
antara sekitar 1375 SM hingga 1050 SM, ketika Saul ditahbiskan menjadi
raja. Pada umumnya tiga belas hakim dihubungkan dengan kitab ini. Mereka
itu adalah Otniel (Hak 3:7-11), Ehud (Hak 3:12-30), Samgar
(Hak 3:31), Debora dan Barak (Hak 4:1-5:31), Gideon
(Hak 6:1-8:35), Tola (Hak 10:1-2), Yair (Hak 10:3-5), Yefta
(Hak 10:6-12:7), Ebzan (Hak 12:8-10), Elon (Hak 12:11-12),
Abdon (Hak 12:13-15), dan Simson (Hak 13:1-16:31). Mereka terutama
memimpin satu suku atau satu daerah dan bukan seluruh bangsa itu. Pelayanan
beberapa hakim bertumpang tindih (bd. Hak 3:30-4:1).
12 Full Life: MEMOTONG IBU JARI.
Nas : Hak 1:6
Hal ini dilakukan untuk menjadikan raja itu cacat sehingga ia tidak
mungkin lagi mengangkat senjata untuk berperang.
13 Full Life: TIDAK MENGHALAU MEREKA SAMA SEKALI.
Nas : Hak 1:28
Yosua sudah membinasakan sebagian besar orang Kanaan; namun sesudah
kematiannya masih cukup banyak yang tinggal di negeri itu (ayat
Hak 1:1,28-30,32-33,35). Allah telah memerintahkan untuk menghalau
orang Kanaan sama sekali karena bentuk agama mereka yang bejat dan berhawa
nafsu (Ul 7:2-4;
lihat art. PEMBINASAAN ORANG KANAAN).
Kegagalan ultima orang Israel untuk melaksanakan hal ini mengakibatkan
kompromi dengan orang-orang Kanaan sehingga mendatangkan kehancuran dan
kekalahan kepada umat Allah.
14 Full Life: SUPAYA KAMU JANGAN BERBUAT DOSA.
Nas : 1Yoh 2:1
Yohanes percaya bahwa orang Kristen yang telah lahir kembali masih
dapat berbuat dosa. Akan tetapi, dia tidak mengajarkan bahwa orang Kristen
harus berbuat dosa; dia malah menasihati para pembacanya untuk hidup tanpa
dosa (bd.
lihat cat. --> Rom 6:15;
lihat cat. --> 1Tes 2:10).
[atau ref. Rom 6:15; 1Tes 2:10]
Bagi mereka yang memang jatuh ke dalam dosa, jawabannya ialah mengaku dan
meninggalkan dosa itu
(lihat cat. --> 1Yoh 1:9).
[atau ref. 1Yoh 1:9]
Jaminan akan pengampunan terdapat dalam darah Yesus Kristus (ayat
1Yoh 2:2; 1:7) dan pelayanan-Nya di sorga sebagai "pengantara kepada
Bapa" (Yun. _parakletos_). Yesus mengadakan syafaat bagi kita kepada Bapa
berdasarkan kematian-Nya yang mendamaikan, pertobatan kita dan iman kita
kepada-Nya (bd. Rom 8:34;
lihat cat. --> Ibr 7:25;
lihat cat. --> 1Yoh 3:15;
[atau ref. Ibr 7:25; 1Yoh 3:15]
lihat art. DOA SYAFAAT).
15 Full Life: PENDAMAIAN UNTUK SEGALA DOSA.
Nas : 1Yoh 2:2
Sebagai "pendamaian untuk segala dosa kita", Yesus menanggung
hukuman untuk dosa kita dan memenuhi hukuman Allah yang adil terhadap dosa.
Pengampunan dosa kini ditawarkan kepada semua orang di dunia dan diterima
oleh mereka yang berbalik kepada Kristus dalam pertobatan dan iman
(1Yoh 4:9,14; Yoh 1:29; 3:16; 5:24;
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
16 Full Life: TIDAK MENURUTI PERINTAH-NYA.
Nas : 1Yoh 2:4
Yohanes sedang berjuang melawan suatu salah pengertian tentang
doktrin kasih karunia dan keselamatan. Dia menentang guru aliran
antinomisme, yang mengajarkan bahwa meninggalkan kehidupan yang berdosa
menjadi sesuatu yang tidak diwajibkan bagi orang percaya.
- 1) Mereka menyatakan bahwa seorang dapat "mengenal" Allah dalam
hubungan penyelamatan yang sah, tetapi pada saat yang sama mengabaikan
kehendak dan perintah Allah sehingga tidak menaati-Nya
(lihat cat. --> Yoh 17:3).
[atau ref. Yoh 17:3]
- 2) Mereka yang menuntut hal semacam ini dinyatakan pendusta oleh
Yohanes dan kebenaran Allah tidak ada di dalam diri mereka. Usaha untuk
dibenarkan oleh iman pada Kristus tanpa suatu komitmen untuk mengikuti
Dia pasti gagal.
17 Full Life: BARANGSIAPA MENGASIHI SAUDARANYA.
Nas : 1Yoh 2:10
Lihat cat. --> Yoh 13:34,
lihat cat. --> Yoh 13:35.
[atau ref. Yoh 13:34-35]
18 Full Life: DUNIA.
Nas : 1Yoh 2:15-16
Lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA.
19 Full Life: BANYAK ANTIKRISTUS.
Nas : 1Yoh 2:18
Seorang antikristus atau Kristus yang palsu akan muncul menjelang
akhir zaman untuk memerintah dunia dan memimpin suatu pemberontakan besar
terhadap Kristus dan kepercayaan PB
(lihat cat. --> Wahy 13:1;
lihat cat. --> Wahy 13:8;
lihat cat. --> Wahy 13:18;
[atau ref. Wahy 13:1,8,18]
Wahy 19:20; 20:10;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
Namun, Yohanes mengatakan bahwa "banyak antikristus" telah masuk ke dalam
gereja. Mereka ini adalah orang yang mengaku percaya tetapi mengasihi dunia
dan kesenangannya yang berdosa dan memutarbalikkan Injil bersama beritanya
tentang salib, sehingga menempatkan diri sebagai penentang Kristus dan
kebenaran-Nya.
20 Full Life: MEREKA BERASAL DARI ANTARA KITA.
Nas : 1Yoh 2:19
Ketika para antikristus itu meninggalkan persekutuan dengan orang
percaya yang sejati, mereka tidak lagi memiliki hubungan yang menyelamatkan
dengan Kristus. Kenyataan ini memperhitungkan dua kemungkinan:
- (1) mereka tidak pernah menjadi orang percaya yang sejati, atau
- (2) mereka pernah memiliki hubungan yang menyelamatkan dengan
Kristus tetapi setelah itu meninggalkan iman mereka pada Kristus
(lihat art. KEMURTADAN PRIBADI).
21 Full Life: PENGURAPAN.
Nas : 1Yoh 2:20
Orang percaya menerima pengurapan dari Kristus yaitu Roh Kudus (bd.
2Kor 1:21-22). Oleh Roh kita "mengetahui kebenaran"
(lihat cat. --> 1Yoh 2:27).
[atau ref. 1Yoh 2:27]
22 Full Life: DENGAR DARI MULANYA.
Nas : 1Yoh 2:24
Orang percaya akan tetap dalam Kristus dan mengalami keselamatan
hanya selama mereka tetap tinggal dalam ajaran asli Kristus dan para rasul
(lihat cat. --> Ef 2:20).
[atau ref. Ef 2:20]
Kenyataan ini mengemukakan dua hal:
- 1) Meninggalkan Injil kepercayaan PB yang asli adalah fatal secara
rohani dan memisahkan orang dari Yesus Kristus (bd. Gal 1:6-8;
Gal 5:1-4). Orang percaya harus mengikuti Alkitab dalam teologi
mereka dalam arti selalu menganut pengajaran PB.
- 2) Sangatlah berbahaya untuk mengejar ajaran atau guru baru yang
memberitakan hal-hal baru yang tidak ada dalam kepercayaan Kristen (bd.
Yud 1:3).
Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari dan berpegang teguh pada
Firman Allah; jiwa dan nasib kekal kita tergantung padanya.
23 Full Life: PENGURAPAN-NYA MENGAJAR KAMU.
Nas : 1Yoh 2:27
Semua anak Tuhan diberikan "pengurapan" (yaitu Roh Kudus) untuk
menuntun mereka kepada kebenaran (Yoh 14:26; 16:13). Selama orang
percaya tinggal tetap dalam Kristus dan membaca Firman Allah, Roh Kudus
menolong mereka untuk memahami kebenaran penebusannya.
- 1) Semua orang percaya dapat menyelidiki dan mengetahui kebenaran Allah
serta belajar satu dari yang lain melalui saling mengajar dan menasihati
(Mat 28:20; Ef 3:18; Kol 3:16).
- 2) Demikianlah, orang percaya memiliki dua pelindung terhadap kesalahan
doktrin -- penyataan alkitabiah (bd. ayat 1Yoh 2:24) dan Roh Kudus.
- 3) Orang percaya tidak memerlukan mereka yang mengajarkan apa yang
bukan doktrin alkitabiah. Inilah yang dimaksudkan oleh Yohanes dengan
perkataan "tidak perlu kamu diajar oleh orang lain".